Internet Information Service (IIS)

Bagikan ke Teman! :


Internet Information Service (IIS) adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengelola web, File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP. IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

IIS telah berevolusi semenjak diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0 yang terdapat dalam Windows Server 2003. Versi 5.0 diintegrasikan dalam Windows 2000, sedangkan Windows XP Professional memiliki IIS versi 5.1. Windows NT 4.0 memiliki versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack. Dalam Windows NT 4.0 Workstation atau Windows 95/98, IIS juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).


Komponen pendukung IIS antara lain :
  1. Protocol jaringan TCP/IP.
  2. Domain Name System (DNS).
  3. Direkomendasikan untuk menggunakan format NTFS demi keamanan.
  4. Software untuk membuat situs web, salah satunya Microsoft FrontPage.
Pada pembahasan Internet Information Service ini, yang banyak dibahas adalah Internet Information Service yang terdapat pada Windows 2000 Server dan hanya terbatas pada Files Transfer Protocol (FTP) dan web saja.

IIS berbeda dengan Apache karena apache tidak bisa menjalankan script ASP. Dalam proses installasi Web Server IIS di komputer lokal tidak sesulit yang kita bayangkan, hanya dalam beberapa tahap saja sudah bisa di gunakan.

Jika di komputer anda sudah terinstall XAMPP atau webserver lainnya saya sarankan untuk menghentikan servicenya dulu. agar tidak bentrok, wlaupun berbeda port. Ok langsung aja, caranya cukup mudah yaitu :

1. Buka Control Panel > Program > Turn Windows features on or off


2. Kemudian akan muncul sebuah windows baru yang menyahikan pilihan untuk kamu, apa aja yang ingin di aktifkan. Karena ingin install IIS maka yang di aktifkan adalah IIS nya aja.


3. Klik Ok untuk menyelesaikan pekerjaan, dan tunggu hingga proses selesai.


4. Coba akses dengan URL : http://localhost maka akan tampil halaman seperti ini :


Tapi jika kamu ingin membuat server baru bisa mengakses :

1. Start > Administrative tools > IIS Manager


2. Klik kanan Sites > Add Web Site



3. Isi sesuai keinginan kamu.

Ket :

Physical Patch: Default seperti di gambar.

IP Address : Silahkan pilih salah satu

Host name : silahkan isi sesuka kamu, biasanya "localhost"

4. Setelah semua selesai, Nonaktifkan Default Server :


5. Lalu aktifkan server yang baru kamu buat. dan jadikan sebagai server default.


Finish

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan